December 30, 2016

Candi Brongkah Trenggalek Peninggalan Kerajaan Hasin?

punggung pegunungan Rajek Wesi Trenggalek Candi Brongkah terletak di dusun Brongkah, desa Kedunglurah, kecamatan Pogalan, Trenggalek J... thumbnail 1 summary

punggung pegunungan Rajek Wesi Trenggalek

Candi Brongkah terletak di dusun Brongkah, desa Kedunglurah, kecamatan Pogalan, Trenggalek Jatim. Merupakan bangunan tersusun dari batu bata. Candi ini sekarang berada 3 meter di bawah permukaan tanah pekarangan warga.



Candi Brongkah berada dekat pengunungan Rajek Wesi yang memanjang ke arah gunung Wilis Tulungagung. Antara candi dengan pegunungan Rajek Wesi terdapat sebatang sungai kuna bernama sungai Ngasinan. Jarak candi dengan sungai Ngasinan sangat dekat.

Sampai sekarang candi Brongkah belum banyak diketahui fungsi dan masa pembangunannya.

Apakah mungkin candi Brongkah peninggalan kerajaan Hasin?

Catatan sejarah menunjukkan raja Erlangga saat berkuasa di kerajaan Medang Watanmas pernah menyerbu dan berhasil menaklukkan kerajaan Hasin. Peristiwa ini terdokumentasikan panjang lebar dalam Prasasti Baru yang dikeluarkan Erlangga tahun 1030M.

Prasasti Baru meriwayatkan, Erlangga dan pasukannya sempat menginap berkemah di desa Baru sebelum masuk menyerbu kerajaan Hasin.

Di timur candi Brongkah terdapat desa Baruharjo kecamatan Durenan. Desa Baruharjo pada jaman Erlangga diperkirakan sebagai desa Baru yang pernah menjadi tempat menginap pasukan Erlangga.

Kemungkinan pasukan Erlangga terpaksa menginap semalam di desa Baru karena di depannya atau jelang masuk wilayah kerajaan Hasin terdapat sebatang sungai yang harus diseberangi. Sungai itu sekarang bernama sungai Ngasinan.

Daerah di barat sungai Ngasinan pada waktu itu masuk wilayah kerajaan Hasin.

Candi Brongkah di arah barat sungai Ngasinan.

Apakah dengan demikian candi Brongkah sudah ada sejak jaman kerajaan Hasin?

Ataukah candi Brongkah justru dibangun Erlangga sepulang dari keberhasilannya menaklukkan kerajaan Hasin?

Banyak pertanyaan perihal candi Brongkah masih harus dicari jawabannya. Candi Brongkah masih minim informasi. Sampai sekarang para arkeologi dan sejarawan belum dapat mengidentifikasi secara pasti kapan candi Brongkah dibangun.

Ini menjadi tantangan tersendiri terutama bagi sejarawan lokal Trenggalek dan para peminat sejarah Trenggalek untuk meneliti lebih jauh keberadaan candi Brongkah.

Ketika berkunjung ke Candi Brongkah, kami mendapat informasi dari penunggu Candi, bahwa dulu pernah ditemukan lempengan tembaga di candi Brongkah dan lempengan itu kemudian dibawa ke Surabaya.

Apakah itu lempengan tembaga Prasasti Baru?


Candi Brongkah Trenggalek

Candi Brongkah berada 3 meter di bawah permukaan tanah pekarangan warga

Candi Brongkah dikelilingi dinding batu bata untuk melindungi dari longsoran tanah

satu sisi dinding buatan yang sudah longsor


tampak gerumbul pohonan di tepi sungai Ngasinan


pegunungan Rajek Wesi Pogalan Trenggalek